Syafi8217i Antonio. 8220Seorang Muslim Harus KAYA. 8221 Bismillah, oi, rahman ni Rahim Dua, hari yang lalu, dizia melihat acara televisi bagus di salah satu stasiun televisi nasional Indonesia. Acara ini sangat memotivasi, terlebih bagi kaum muslim (khususnya Indonésia) yang HARUS bangkit menyongsong rahmat Allah. Tersebutlah, Syafii Antonio, Bapak Ekonomi Islam Indonésia yang memberikan motivasi pada acara tersebut. Satu pernyataan beliau yang sangat memotivasi adalah 8220Seorang Muslim Harus KAYA. 8221. Beliau menuturkan alasan seorang muçulmano harus kaya. Beliau mengatakan bahwa: Kalau seorang muçulmano tidak kaya, hilanglah haji dan zakat dari rukun Islamnya. Kalau haji dan zakat hilang, tinggallah puasa, shalat, dan syahadat. (Rukun islam sudah hilang 2 rukun, padahal kalau rukun tidak dijalankan tidak sah) Kalau seorang muçulmano tidak kaya, bisa berpuasa, tetapi tidak bisa buka karena tidak ada uang untuk membeli makan, 8220Apakah selamanya akan berbuka dengan mengemis. 8221 (dengan demikian hilang satu lagi rukun islam, tinggal 2) Kalau seorang muçulmano tidak kaya, tidak dapat membeli makan, maka tidak ada tenaga untuk mendirikan shalat, akhirnya shalat pun lowat. Kalau shalat seorang muslim lewat, maka tergadailah syahadatnya karena shalat mencegah kita dari perbuatan keji dan munkar. (Então, alhasil rukun iman seorang muçulmanos amblas, jikalau muçulmano itu tidak kaya) Bagaimana bisa sorang msulim dinyatakan muçulmano kalau tidak memiliki rukun iman. Kondisi umat muçulmano khususnya di Indonésia dan di negara-negara dengan mayoritas penduduk muslimnya berada di bawah garis kemiskinan membuat sorang Syafii Antonio Dilarang oleah ayahnya untuk memeluk Islão, tetapi Alhamdulillah, Allah membro membro da Câmara Petunjuk kepada beliau sehingga beliau mememluk Islam dan berhasil mendirikan Banco Muamalah juga Berhasil mengedukasi sistem ekonomi Islam di berbagai aspek kehidupan. Então, Akhi wa Ukhti, mari kita berjuang menjadi pengusaha-pengusaha muçulmanos seperti Abdurrahman bin Auf yang dapat 8220mengubah batu menjadi emas8221 agar umat Islam dinaikan derajatnya por Allah SWT sebagaimana janji Allah SWT dalam Al Quran dan mari terus berjuang untuk menegakkan khilafah Islamiayah di bumi Allah8230 ALLAH HU AKBAR ALLAH HU AKBAR ALLAH HU AKBAR. sharia dólar das finanças Pertama kali mengenal ustadz Muhammad Syafii Antonio, atribut unik beliau yang sontak menjadi pusat perhatian saya adalah namanya, Antonio. Nama Antonio tidaklah jamak bagi seorang ustadz, cendekiawan, kiyai apalagi nama kiyai dari kultur NU seperti di kampung saya. Wajah beliau yang keturunan Tionghoa juga sangat terlihat jelas. Cara beliau bertutur kata dan memberikan penjelasan juga sangat mengesankan setiap kali saya berkesempatan mendengarkan ceramah ataupun wawancara beliau di TV. Sejak pertama kali mendengarkan penjelasan Ust. Syafii Antonio tentang ekonomi Islam, tepatnya pada acara keajaiban shodaqohnya Ustadz Yusuf Mansyur (pas kuliah tingkat 2 kali y, 2005anlah) ketertarikan awal saya terhadap ekonomi Islam semakin bertambah subur. Tetapi, ladang yang subur tersebut tidak mendapat perawatan yang baik sehingga ilmu saya tentang ekonomi islam juga tidak banyak berkembang. Setelah saya membuat blog ini, saya 8220dipaksa8221 untuk senantiasa menulis supaya blog 8220korban8221 ini g kosong. Di sela 8211 sela tirar exames de casa UTS semestre 9 yang begitu banyak (4 dias 5 makul lho), saya juga harus tetap bisa homens-suplai tulisan ke elrafa. wordpress ini. Akhirnya, kemarin setelah se tornam uma fã Ust. Syafii Antonio saya mendapati tulisan Muhammad Syafii Antonio: Sekilas Tentang Saya dan saya pikir banyak ibroh yang bisa kita ambil dari perjalanan hidup beliau dalam tulisan ini. Salah satu tokoh ekonomi islam di Indonesia. Jadi dech, copas8230. Muh Syafii Antonio Saya lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 12 mei 1965. Nama asli saya Nio Cwan Chung. Saya adalah WNI keturunan Tionghoa. Sejak kecil saya mengenal dan menganut ajaran Konghucu, karena ayah saya seorang pendeta Konghucu. Selain mengenal ajaran Konghucu, saya juga mengenal ajaran Islam melalui pergaulan di lingkungan rumah dan sekolah. Saya sering memperhatikan cara-cara ibadah orang-orang muçulmanos. Kerena terlalu sering memperhatikan tanpa sadar saya diam-diam suka melakukan shalat. Kegiatan ibadah orang lain ini saya lakukan walaupun saya belum mengikrarkan diri menjadi seorang muçulmano. Kehidupan keluarga saya sangat memberikan kebebasan dalam memilih agama. Sehingga saya memilih agama Kristen Protestante menjadi agama saya. Setelah itu saya berganti nama menjadi Piloto Sagaran Antonio. Kepindahan saya ke agama Kristen Protestante tidak membuat ayah saya marah. Ayah akan sangat kecewa jika saya sekeluarga memilih Islam sebagai agama. Sikap ayah saya ini berangkat dari imagem gambaran buruk terhadap pemeluk Islam. Ayah saya sebenarnya melihat ajaran Islam itu bagus. Apalagi dilihat dari sisi Al Quran dan hadits. Tapi, ayah saya sangat heran pada pemeluknya yang tidak mencerminkan kesempurnaan ajaran agamanya. Gambaran buruk tentang kaum muslim itu menurut ayah saya terlihat dari banyaknya umat Islam yang berada dalam kemiskinan, keterbelakangan. Dan kebodohan. Bahkan, sampai mencuri sandal di mushola pun dilakukan oleh umat Islam sendiri. Jadi keindahan dan kebagusan ajaran Islam dinodai oleh prilaku umatnya yang kurang baik. Kendati demikian buruknya citra kaum muslim di mata ayah, tak membuat saya kendur untuk mengetahui lebih jauh tentang agama islam. Untuk mengetahui agama Islam, saya mencoba mengkaji Islam secara komparatif (perbandingan) dengan agama-agama lain. Dalam melakukan studi perbandingan ini saya menggunakan tiga pendekatan, yakni pendekatan sejarah, pendekatan alamiah, dan pendekatan nalar rasio biasa. Sengaja saya tidak menggunakan pendekatan kitab-kitab suci agar Dapat secara obyektif mengetahui hasilnya. Berdasarkan tiga pendekatan itu, saya melihat Islam benar-benar agama yang mudah dipahami ketimbang agama-agama lain. Dalam Islam saya temukan bahwa semua rasul yang diutus Tuhan ke muka bumi mengajarkan risalah yang satu, yaitu Tauhid. Selain itu, saya sangat tertarik pada kitab suci umat Islam, yaitu Al-Quran. Kitab suci ini penuh dengan kemukjizatan, baik ditinjau dari sisi bahasa, tatanan kata, isi, berita, keteraturan sastra, data-data ilmiah, dan berbagai aspek lainnya. Ajaran Islam juga sistema memiliki nilai yang sangat lengkap dan komprehensif, sistema meliputi tatanan akidah, kepercayaan, dan tidak perlu perantara dalam beribadah. Dibanding agama lain, ibadah dalam islam diartikan secara universal. Artinya, semua yang dilakukan baik ritual, rumah tangga, ekonomi, sosial, maupun budaya, selama tidak menyimpang dan untuk meninggikan siar Allah, nilainya adalah ibadah. Selain itu, dissolvendo agama lain, terbukti tidak ada agama yang sistema memiliki selengkap agama Islam. Hasil dari studi banding inilah yang memantapkan hati saya untuk segera memutuskan bahwa Islam adalah agama yang dapat menjawab persoalan hidup. Setelah melakukan perenungan untuk memantapkan hati, maka di saat saya berusia 17 tahun dan masih duduk di bangku SMA, saya putuskan untuk memeluk agama Islam. Oleh K. H.Abdullah bin Nuh al-Ghazali saya dibimbing untuk mengucapkan ikrar dua kalimat syahadat pada tahun 1984. Nama saya kemudian diganti menjadi Syafii Antonio. Keputusan yang saya ambil untuk menjadi pengikut Nabi Muhammad viu. Ternyata mendapat tantangan dari pihak keluarga. Saya dikucilkan dan diusir dari rumah. Jika saya pulang, pintu selalu tertutup dan terkunci. Bahkan pada waktu shalat, kain sarung saya sering diludahi. Perlakuan keluarga terhadap diri saya tak saya hadapi dengan wajah marah, tapi dengan kesabaran dan perilaku yang santun. Ini sudah konsekuensi dari keputusan yang saya ambil. Alhamdulillah, perlakuan dan sikap saya terhadap mereka membuahkan hasil. Tak lama kemudian mama menyusul jejak saya menjadi pengikut Nabi Muhammad viu. Setelah mengikrarkan diri, saya terus mempelajari Islam, mulai dari membaca buku, diskusi, dan sebagainya. Kemudian saya mempelajari bahasa Arab di Pesantren an-Nidzom, Sukabumi, dibawah pimpinan K. H.Abdullah Muchtar. Lulus SMA saya melanjutkan ke ITB dan IKIP, tapi kemudian pindah ke IAIN Syarif Hidayatullah. Itupun tidak lama, kemudian saya melanjutkan sekolah ke Universidade de Yourdan (Yordania). Selesai studi S1 saya melanjutkan programa S2 di International Islamic University (IIU) di Malaysia, khusus mempelajari ekonomi Islam. Selesai studi, saya bekerja dan mengajar pada beberapa universitas. Segala aktivitas saya sengaja saya arahkan pada bidang agama. Untuk membantu saudara-saudara muçulmanos Tionghoa, Saya aktif pada Yayasan Haji Karim Oei. Di yayasan inilah para mualaf mendapat informasi dan pembinaan. Mulai dari bimbingan shalat, membaca Al-Quran, diskusi, ceramah, dan kajian Islam, hingga informasi mengenai agama Islam. (Hamzah, mualaf) Redaksi. Saat ini M Syafii Antonio aktif diberbagai Lembaga Keuangan IslamSyariah baik Banco maupun Non Bank, dan membina berbagai pendidikan syariah Dr. Muhammad Syafii Antonio, MSc Doktor Banking amp Micro Finance, Universidade de Melbourne, 2004 Mestrado em Economia, Universidade Islâmica Internacional, Malayasia, 1992 Sarjana Syariah, Universidade da Jordânia, 1990 Komite Ahli Pengembangan Perbankan Syariah pada Banco Indonésia Dewan Komisaris Banco Syariah Mega Indonésia Dewan Syariah BSM Dewan Syariah Takaful Dewan Syariah PNM Dewan Syariah Nasional, MUI Perbankan dan Syariah serta Pesantren Muhammad Syafii Antonio adalah seorang alunos pesantren yang tercebur Ke dunia perbankan. Masuk pesantren dengan alasan ingin mendalami Islam sebagai agama yang baru dianutnya, Syafii menapak sukses hingga menjadi pakar ekonomi syariah nasional saat ini. Ia memulai pendidikan pesantrennya pada 1985, ketika lulus dari SMU. Ia masuk pesantren tradisional An-Nizham, Sukabumi. Alasannya ketika itu ingin mendalami ilmu keislaman secara utuh. 8220Jika ingin menjadi muçulmanos yang komprehensif, pesantren adalah tempat yang ideal.8221 Tiga tahun di pesantren, ia melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ia mendaftar ke ITB, IKIP, e IAIN. Meski diterima, karena i ingin lebih besar untuk mempelajari Islam, Syafii memilih belajar ke luar negeri. Lewat Muhammadiyah, ia mendapat kesempatan belajar di Yordania untuk studi Islamismo bidang syariah. Di saat yang sama ia juga mengambil kuliah ekonomi. Lalu ia melanjutkan ke Al-Azhar untuk memperdalam studi Islam. Perjalanan hidupnya berbelok ketika ia batal melanjutkan ke Universidade de Manchester karena Perang Teluk. Akhirnya, ia mendaftar ke International Islamic University Malaysia. Ia mengambil studi Banca e Finanças dan selesai pada 1992. Syafii berkecimpung di perbankan syariah mulai tahun itu juga saat ia bertemu delegasi Indonésia yang akan mendirikan banco syariah setelah melihat contoh banco syariah di Malásia. Kembali ke Indonesia, ia bergabung dengan Bank Muamalat, banco dengan sistem syariah pertama di Indonesia. Dua tahun setelah itu, ia mendirikan Asuransi Takaful, lalu berturut-turut reksa dana syariah. Empat tahun membesarkan Banco Muamalat, ia mundur dan mendirikan Tazkia Group yang memiliki beberapa unidade usaha dengan mengembangkan bisnis dan ekonomi syariah. Sebagai ex-alunos pesantren, Syafii mengungkapkan ketidakyakinannya bahwa kurikulum pesantren bisa menghasilkan seseorang dengan mental teroris. 8220Apalagi pesantren tradisional atau salafi, 8221 katanya. Pada pesantren ini, tuntutan untuk tasawufnya cukup tinggi sehingga mereka menekankan pada akhlak dan etika. 8220Bahkan saya melihat beberapa pesantren bisa terjerumus pada zuhud yang negatif dan sangat berseberangan dengan apa yang saya dorong sekarang, 8221 katanya. Begitu pula di beberapa pesantren moderno dan progressif seperti Gontor, Darunnajah, dan lain-lain, pendekatan metode belajarnya sudah diperbarui. 8220Santrinya sudah menggunakan dua bahasa como dan tidak terlalu terikat pada mazhab tertentu dari sisi fiqih dan akidah.8221 Kemudian ada jenis pesantren lainnya, yaitu yang mencoba tidak hanya berkutat pada aspek teologi dan teori, tapi mungkin mereka mencoba untuk merespons tantangan modernisasi dan westernisasi sebagai realisasi Amar ma8217ruf nahi munkar. 8220Kalau yang terakhir ini yang dikembangkan beberapa pesantren di Indonésia, tanpa saya berhak menyebut nama, mungkin itu bisa jadi yang paling dekat pada pergerakan-pergerakan yang lebih progresif, 8221 katanya. Toh, kalau pun ada tersangka teroris, isu tak bisa disebut mewakili pesantren dan ajaran Islam. Sebagai alumni pesantren, Syafii juga memiliki kritik terhadap pendidikan pesantren saat ini. 8220Saya lihat kurikulumnya harus ditinjau ulang, 8221 katanya. Ia mencontohkan kitab-kitab klasik yang diajarkan di pesantren. 8220Konteks dan contohnya sudah sangat klasik dan belum tentu selesai dipelajari dalam dua-tiga tahun, 8221 katanya. Ia mengimbau agar kurikulum pesantren memadatkan apa saja yang harus dipelajari santri. 8220Ada alvo yang harus dirancang untuk santri, 8221 katanya. Selain itu, gaya belajar pesantren juga masih terpusat pada satu-dua kiai. 8220Tak ada regenerasi dan tentu sangat berat bagi para kiai itu untuk mengajar sekian banyak santri, 8221 katanya. Karenanya, tak heran jika terdapat jarak yang jauh dalam penguasaan ilmu antara kiai dan asistennya. Syafii melihat para kiai ilmunya sangat banyak dan ikhlas, tapi kurang responsnya terhadap masalah-masalah sosial, ekonomi, dan kemasyarakatan. Dalam media apa chata, tulisan kiai sangat jarang sekali. Ketika muncul pemikiran frontal, mereka cenderung reaktif, bukan proaktif. 8220Seharusnya jika ada ide-ide jernih langsung dituliskan dan disampaikan ke masyarakat, 8221 katanya. (Dber berbagai sumber)
No comments:
Post a Comment